Jangan Sembarangan Gulung Kabel USB atau Kabel Data Nanti Bisa Rusak

[Teknoway Blog] Jangan Sembarangan Gulung Kabel USB atau Kabel Data Nanti Bisa Rusak  – Tentunya kita mengenal yang namanya kabel USB atau kabel data. Kabel ini memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi penggunanya. Untuk pengguna smartphone sendiri kabel ini memiliki banyak fungsi. Fungsi utamanya adalah untuk membantu proses pengisian daya atau ketika cas baterai. Fungsi lainnya adalah untuk proses pemindahan data dengan smartphone.

USB port atau lubang USB yang terdapat pada smartphone atau tablet yang biasanya digunakan untuk cas baterai atau mengirimkan data melalui kabel USB
USB port atau lubang USB yang terdapat pada smartphone atau tablet yang biasanya digunakan untuk cas baterai atau mengirimkan data melalui kabel USB

Kesalahan Pengguna Smartphone dalam Menggulung Kabel Smartphone

Ternyata meskipun kabel smartphone ini mudah rusak masih banyak orang yang menggulungnya dengan cara yang sembarangan, salah dan asal. Perlu diketahui bahwa didalam kabel USB atau kabel data terdapat jenis kabel yang lain yang ukurannya lebih kecil. Biasanya terdiri dari 4 kabel warna-warni. Dalam kabel kecil tersebut terdapat lagi beberapa kabel tembaga halus seperti rambut.

Biasanya kabel yang halus yang seperti rambut inilah yang mudah rusak. Asal terlipat sedikit saja nanti akan ada kabel tembaga yang halus yang akan putus. Kalau terus menerus dilipat atau digulung sembarangan nanti semua kabel sehalus rambut tersebut bisa putus dan rusak semua.

Jika tidak percaya coba agan potong kabel USB atau kabel data yang sudah rusak, nantinya akan terlihat semuanya. Untuk lebih jelasnya terdapat pada gambar berikut ini.

Jangan Sembarangan Gulung Kabel USB atau Kabel Data Nanti Bisa Rusak
Biasanya kabel USB untuk cas smartphone memiliki 4 warna seperti ini. Namun ini bukan kabel USB untuk smartphone karena menggunakan kabel tembaga halus didalamnya. Namun untuk ilustrasi lebih kurang bentuknya lebih kurang seperti gambar diatas. - Image: Telkomspeedy.com

Solusinya Mengatasi Kabel yang Rusak

Sebenarnya tidak ada cara yang benar-benar jitu untuk mengatasi kabel yang rusak. Solusi lainnya adalah “lem biru” saja atau lempar ganti baru. Kalau yang mengerti mengenai rangkaian listrik bisa saja memperbaikinya, tapi ini tidak menjadi jaminan kalau kabelnya bisa tahan dalam waktu yang lama.

Bagaimana Cara Menggulung Kabel Data atau Kabel USB yang Benar

Untuk kita yang terburu-buru mengejar waktu sering kali kita asal-asalan dalam menggulung kabel USB atau kabel data smartphone. Sebagai contoh misalnya ingin pergi ke kampus dan hampir telat, karena buru-buru kita langsung memasukkan kabel USB kedalam tas tanpa merapikannya terlebih dahulu. Selain aktivitas kuliah banyak lagi kegiatan lain seperti kerja, kesekolah yang mungkin memerlukan kabel data untuk ngecas handphone.

Nah menggulung kabel USB itu memiliki cara tersendiri jadi tidak bisa asal-asalan. Harus diperhatikan dengan benar-benar dan diperkirakan kabel yang halus yang tadi tidak putus. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada gambar mengenai cara menggulung kabel USB yang baik dan benar.

Begini cara memgulung kabel USB yang baik dan benar, rapi dan tidak berantakan, karena kalau berantakan kabel halus didalamnya bisa rusak.
Begini cara memgulung kabel USB yang baik dan benar, rapi dan tidak berantakan, karena kalau berantakan kabel halus didalamnya bisa rusak.


Nah mungkin hanya itu yang bisa disampaikan, semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi para pembaca agar kabel USBnya tidak rusak. Dulu kabel USB saya juga pernah rusak jadi harapannya kejadian ini tidak terjadi pada teman-teman yang lain.

No comments:

Post a Comment