4 Cara Merawat Kamera Smartphone Android dan iPhone (iOS)

4 Cara Merawat Kamera Smartphone Android dan iPhone (iOS) – Salah satu alasan orang-orang beramai-ramai bermigrasi ke smartphone adalah kameranya bagus dan memiliki ukuran mega pixel yang tinggi. Sehingga hasil gambar yang direkam dari kamera  smartphone terlihat  lebih jernih ketimbang ponsel biasa. Sekarang ini sudah banyak smartphone yang beredar dipasaran dengan performa kamera yang bisa diandalkan.

4 Cara Merawat Kamera Smartphone Android dan iPhone (iOS)
Tampilan kamera dari iPhone 6, agar kualitas gambarnya tetap bagus maka kita harus menjaga dan merawatnya.

4 Cara Merawat Kamera Smartphone Android dan iPhone (iOS)

Meskipun banyak smartphone yang menawarkan fitur kamera dengan resolusi tinggi namun hal tersebut akan percuma jika kamera smartphone tidak dirawat atau tidak dijaga. Berikut ini ada beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan oleh pengguna smartphone agar kameranya bisa awet dan terawat.

1. Hindari Benturan Keras pada Smartphone


Hindari benturan keras pada smartphone yang bisa berakibat kerusakan pada kamera dan smartphone itu sendiri
Hindari benturan keras pada smartphone yang bisa berakibat kerusakan pada kamera dan smartphone itu sendiri

Kamera pada smartphone merupakan fitur yang tertanam pada smartphone yang terhubung melalui rangkaian tertentu (bagian ini anak elektro lebih paham). Awal mulanya kamera dan papan sirkuit pada smartphone merupakan komponen yang berbeda dan kemudian disatukan.

Komponen ini disatukan menggunakan semacam perekat atau solder oleh robot. Sehingga nantinya bisa digunakan. Jika rangkaian yang terhubung ini terganggu maka, kamera smartphone bisa rusak atau hasilnya menjadi buram dan bahkan tidak bisa berfungsi lagi. Selain itu kamera merupakan fitur yang sensitif terhadap benturan. Jika ada benturan yang keras biasanya fokus kamera smartphone akan berubah.

Solusi yang bisa lakukan adalah memberikan pelindung berupa softcase yang bisa mengurangi benturan keras apabila terjatuh dari ketinggian atau kejadian lainnya.

2. Bersihkan dari Debu yang Menempel

Agar hasil jepretan kamera smartphone tetap joss, maka kita harus membersihkan debu yang menempel. Jika debunya masih sedikit belum memberikan efek apa-apa, tapi kalau sudah banyak ini bisa mengganggu  kamera smartphone untuk kedepannya. Oleh karena itu jangan biarkan banyak debu menempel pada kamera smartphone.

3. Jangan Membersihkan Kamera Smartphone dengan Jari Tangan


Jangan Membersihkan Kamera Smartphone dengan Jari Tangan
Kamera smartphone dibersihkan menggunakan peralatan tertentu yang teksturnya lebih lembut dan halus, jangan membersihkan kamera dengan menggunakan jari.

Jika kamera smartphone kotor hindari membersihkan kamera menggunakan tangan karena tangan bisa membuat kaca pelindung kamera menjadi pudar dan blur. Ini mengganggu kualitas ketajaman foto hasil jepretan smartphone.

Solusi yang bisa dilakukan oleh pengguna smartphone adalah mgunakan tisu, kapas atau kain khusus  yang teksturnya lebih halus untuk membersihkan kamera smartphone.

4. Jangan Biarkan Smartphone Terkena Air


Jangan Biarkan Smartphone Terkena Air
Jauhkan smartphone dari cairan atau sejenisnya untuk menghindari kerusakan.

Air bisa mengganggu smartphone, bahkan smartphone yang terendam air bisa menyebabkan kerusakan smartphone. Ini juga bisa menyebabkan kamera smartphone jadi rusak. Oleh karena itu solusinya jauhkan smartphone dari air agar kameranya tetap bagus.

Kesimpulan


Kamera smartphone merupakan bagian yang sensitif oleh karena itu kita perlu menjaganya agar kamera tetap menghasilkan kualitas jepretan yang bagus. Kamera smartphone ini hampir sama dengan kamera biasa yang sensitif terhadap benturan. Jika ingin kamera smartphone bagus maka ada baiknya menerapkan cara ini dan dikolaborasikan dengan cara lainnya. 

No comments:

Post a Comment