7 Cara agar Menghemat Baterai Smartphone yang Boros menjadi Awet dan Tahan Lama

7 Cara agar Menghemat Baterai Smartphone yang Boros menjadi  Awet dan Tahan Lama – Baterai smartphone memiliki tipe dan daya tahan yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnnya. Ada yang kapasitasnya 2200 mAH, 3000 mAH, 4000 mAH dan seterusnya. Harus kita akui bahwa smartphone membutuhkan banyak daya sehingga kita harus bisa menerapkan trik agar bisa tahan lama.


Trik ini sebenarnya tidak perlu bagi mereka yang sudah percaya dan cukup mengandalkan power bank. Apalagi sekarang ini ada banyak jenis power bank dengan berbagai kapasitas baterai yang bisa membantu smartphone jika kehabisan baterai.

7 Cara agar Menghemat Baterai Smartphone yang Boros menjadi  Awet dan Tahan Lama
Smartphone yang diletakkan diatas meja

7 Cara agar Menghemat Baterai Smartphone yang Boros menjadi Awet dan Tahan Lama

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kita bisa menghemat pemakaian baterai smartphone. Namun cara tersebut tidak akan diketahui jika tidak disampaikan atau dibagikan keteman-teman. Berdasarkan pengalaman yang alami sendiri ada beberapa trik dan tips untuk menghemat baterai smartphone. Berikut ada 7 cara yang bisa dilakukan agar baterai smartphone menjadi lebih hemat.

1. Singkirkan Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa semakin banyak aplikasi bisa menyebabkan baterai jadi boros. Pada settingan baterai smartphone sudah diberikan data aplikasi mana saja yang menyebabkan baterai smartphone jadi boros.

Seharusnya ini bisa dijadikan petunjukkan bahwa semakin banyak aplikasi yang aktif membuat baterai smartphone jadi boros. Oleh karena itu singkirkan aplikasi yang tidak dibutuhkan, caranya mudah yaitu dengan mencopot pemasangan aplikasi atau uninstall. Beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk dihapus adalah aplikasi Facebook, Twitter, Google Plus, informasi cuaca, aplikasi pembersih dan aplikasi lain yang layak disingkirkan.

Meskipun RAM smartphone kita besar sebaiknya kita juga harus menyingkirkan aplikasi yang tidak digunakan. Jika belum paham sebaiknya bertanya kepada orang yang paham dengan aplikasi smartphone. Intinya jangan takut menghapus aplikasi toh ini untuk kebaikan smartphone kita. Untuk sosial media sebaiknya kita tidak perlu menggunakan aplikasi karena bisa diakses melalui browser.

2. Mengurangi Durasi Permainan atau Menyingkirkan Game Online dari Smartphone

Permainan online pada smartphone seperti Clash of Clans COC, Hay Days, Get Rich, Clash of King dan permainan game online lain menguras banyak daya baterai smartphone. Meskipun kita sudah ketagihan main game online tersebut namun ada baiknya mengurangi durasi permainan agar baterai smartphone lebih hemat.

Aplikasi yang membutuhkan banyak daya baterai ditandai dengan peningkatan suhu panas pada smartphone. Oleh sebab itu jika mulai terasa panas maka hentikan untuk sejenak, tunggu sampai suhu ponsel menjadi normal kembali. Jika memang dibutuhkan singkirkan aplikasi game online tersebut.

3. Mematikan Koneksi Internet atau Data Jika tidak Dibutuhkan

Ada saatnya dimana kita harus terus menerus terkoneksi dengan internet, dengan alasan-alasan tertentu seperti chatting di aplikasi messenger untuk mendapatkan informasi penting. Selain itu ada juga aktivitas yang lain memungkinkan kita untuk terus menerus harus terhubung dengan internet.

Namun ketika sudah ada lagi hal penting semacam ini sebaiknya matikan saja koneksi internetnya. Mematikan koneksi data internet merupakan langkah kecil yang bisa menghemat baterai. Bisa dirasakan sendiri perbedaannya ketika mematikan koneksi internet dengan tehubung dengan internet secara terus menerus.

4. Mematikan Aplikasi yang Tidak Digunakan dengan Cara Force Stop (Hentikan Paksa)

Banyak sekali orang yang tidak menyadari hal ini sehingga aplikasi yang tidak dibutuhkan pun masih diaktifkan. Saran dari saya sebaiknya matikan saja aplikasi tersebut karena selain membebani kinerja smartphone, ini juga membuat baterai smartphone jadi boros.

Mematikan aplikasi ini bisa dilakukan secara manual atau otomatis menggunakan tools dari aplikasi lain. Tapi saya sendiri lebih suka menggunakan cara yang manual, alhamdulillah dampaknya lumayan baterai smartphone jadi lebih irit dan hemat.

5. Kurangi Aktivitas Browsing dan Menonton Video dari Internet

Sebenarnya browsing tidak terlalu mengurasi baterai, tapi kalau streaming video dari internet seperti Youtube ini membuat baterai cepat habis. Apalagi kalau memutar video dengan resolusi tinggi, semakin terasa banget baterai smartphone cepat habis.

6. Kurangi Aktivitas Mengakses Sosial Media Melalui Aplikasi Sosmed

Meskipun sudah ada browser yang bisa digunakan untuk main-main di sosial media tapi kadang kita masih suka bukan aplikasi sosial media. Ini kita lakukan karena dinilai lebih simpel dan cepat. Tapi tanpa ini kira sadari aplikasi ini (Instagram, Facebook, Twitter, Path) bisa menyebabkan baterai smartphone cepat habis.

Seperti yang sudah disampaikan pada point sebelumnya, untuk sosial media yang bisa diakses melalui website sebaiknya gunakan browser. Gunakan pula browser yang cepat dan hemat baterai seperti Opera Mini, UC Browser atau Google Chrome. Ini dilakukan agar baterai smartphone lebih hemat.

7. Kurangi Tingkat Kecerahan Cahaya pada Smartphone

Untuk point yang satu ini biasanya tidak terlalu diperhatikan oleh pengguna smartphone. Tapi perlu diketahui bahwa kecerahan cahaya pada smartphone memiliki pengaruh yang lumayan besar terhadap penggunaan baterai. Oleh karena itu sebaiknya kurangi tingkat kecerahan cahaya pada smartphone.

Kesimpulan


Kalau diperhatikan banyak sekali penyebab baterai smartphone jadi boros, oleh sebab itu diperlukan beberapa langkah agar baterai smartphone bisa hemat, irit dan tahan lama. Jadi intinya penyebab baterai smartphone jadi boros berasal dari aktivitas internet (online), oleh sebab itu kurangi aktivitas online agar baterai smartphone lebih irit.

No comments:

Post a Comment