11 Cara Merawat Smartphone Tablet Baru agar Awet dan Tahan Lama

10 Cara Merawat Smartphone Tablet Baru agar Awet dan Tahan Lama – Sekarang ini sudah masuk yang namanya zaman teknologi smartphone atau lebih dikenal dengan telepon pintar. Perangkat ini disebut sebagai telepon pintar karena fungsinya yang canggih dan memiliki fungsi yang sama seperti PC komputer. Selain itu keberadaaan smartphone ini juga membantu dalam memudahkan aktivitas kita sehari-hari.


11 Cara Merawat Smartphone Tablet Baru agar Awet dan Tahan Lama dan tidak mudah rusak.
Ilustrasi smartphone yang disimpan diatas meja

11 Cara Merawat Smartphone Tablet Baru agar Awet dan Tahan Lama

Begitu banyaknya kemudahan yang diberikan oleh smartphone membuat kita harus menjaga merawat dan tetap awet sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama. Perawatan yang diberikan pada smartphone juga membuat smartphone tetap awet dan tahan lama. Oleh karena ini ada baberapa cara yang bisa kita lakukan agar smartphone tetap awet dan tahan lama.

1. Memberikan SOFTCASE untuk Antisipasi Jika Terjadi Benturan

Smartphone akan mudah rusak jika terlalu sering mengalami benturan, apalagi kalau benturannya keras. Benturan bisa terjadi karena jatuh dari ketinggian. Bagian yang paling mudah rusak jika benturan keras seperti ini adalah screen atau layar smartphone yang retak.
 
Kerusakan smartphone akibat benturan keras, yang menyebabkan kerusakan pada screen atau layar smartphone.
Kerusakan smartphone akibat benturan keras, yang menyebabkan kerusakan pada screen atau layar smartphone.

Keretakan ini bisa menyebabkan kerusakan yang parah. Akibat yang paling fatal jika smartphone layarnya retak, menjadi tidak bisa digunakan (solusinya ganti screen atau beli baru). Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa didapat jika menggunakan softcase, diantaranya:
  • Smartphone jadi terlihat lucu.
  • Bisa mengurangi dampak kerusakan karena benturan seperti layar yang retak, kamera yang jadi buram dan speaker yang volumenya mengecil.
  • Body smartphone tetap terjaga dan tetap mulus.
  • Terhindar dari goresan atau lecet.
  • Dan banyak lagi manfaat lainnya.

2. Memberikan Screen Protector atau Pelindung  pada Screen Layar Smartphone

Menggunakan screen protector membuat layar smartphone terlindung dari kemungkinan goresan pada layar. Goresan pada layar smartphone bisa datang dari mana saja. Bisa goresan dari tangan kita sendiri, benturan ketika jatuh, ketika disaku atau dari benda lainnya yang bisa merusak layar.

Jika screen protectornya yang rusak atau buram, maka kita bisa menggantinya dengan baru dan harganya bisa lebih murah dibandingkan dengan mengganti layar smartphone. Jadi terserah lagi kepada anda ingin menggunakan screen protector atau tidak.

3. Memasang Aplikasi sesuai dengan Kapasitas dan Kemampuan Smartphone

Memasang Aplikasi sesuai dengan Kapasitas dan Kemampuan Smartphone
Pasang aplikasi yang sesuai dengan kapasitas dan kemampuan smartphone

Setiap smartphone memang ada jenis kategori dan tipenya. Setiap tipe memiliki batas kemampuan yang berbeda dan kita harus sesuaikan dengan kemampuan smartphone.

Jika kita terlalu memaksakan akan berakibat pada smartphone itu sendiri misalnya performa yang jadi lemot, cepat panas, mati-mati mendadak atau restart dengan sendirinya, dan banyak lagi yang ujung-ujungnya menyebabkan smartphone jadi rusak.

4. Hindari Menggunakan Smartphone yang Baterainya Sudah Hampir Habis

Hindari Menggunakan Smartphone yang Baterainya Sudah Hampir Habis
Isi ulang baterai smartphone ketika baterainya sudah hampir habis, jangan nunggu baterai habis semuanya

Setiap baterai smartphone punya daya tahan yang bervariasi. Ada yang tahan lama sampai puas ada pula yang tahannya Cuma sebentar. Syukur-syukur kalau tahan lama, tapi kalau tahannya Cuma sebentar kita harus mempertimbangkan hal ini.

Jangan memaksakan menggunakan smartphone yang baterainya sudah hampir habis. Isi ulang daya baterai jika baterainya sudah habis. Selain itu hindari memainkan smartphone ketika smartphone lagi di cas ulang.

5. Jauhkan dari Cairan Tertentu

Jenis cairan apapun harus dijauhkan dari smartphone, menghindari risiko terkena tumpahan atau terkena air
Jenis cairan apapun harus dijauhkan dari smartphone, menghindari risiko terkena tumpahan atau terkena air 

Cairan tertentu bisa merusak komponen smartphone. Oleh sebab itu jangan sampai smartphone terkena air atau bahkan jatuh kedalam air. Selain biaya memperbaikinya mahal, smartphone menjadi lemah (sebentar lagi menuju rusak total).

6. Hindari dari Benturan Keras pada Smartphone

Benturan memang bisa menyebabkan banyak kerusakan, apalagi kalau benturannnya keras. Jangankan smartphone, perangkat elektronik lain juga akan rusak jika terbentur keras. Manusia pun bisa mati jika terjadi benturan keras.

7. Beri Waktu pada Smartphone untuk Beristirahat

Meskipun smartphone canggih, kecanggihan smartphone juga punya batasan. Untuk pemakaian dalam waktu yang lama sebaiknya berikan waktu agar smartphone bisa istirahat. Meskipun smartphone itu hanya mesin, tapi mesin (smartphone) juga butuh istirahat

Terutama bagi mereka yang menyukai game yang berukuran besar atau game online. Jika terlalu lelah bekerja nantinya smartphone akan kelelahan, over heat dan akhirnya program terhenti bahkan ada yang mati mendadak.

8. Backup Data Untuk Menghindari Kemungkinan Data yang Berlimpah

Backup Data smartphone Untuk Menghindari Kemungkinan Data yang Berlimpah
Backup data smartphone yang datanya sudah banyak untuk menghindari risiko hilang atau rusak

Smartphone memiliki memori penyimpanan yang terbatas. Meskipun ukurannya besar tapi tidak seharusnya kita mengisi (menghabiskan) semua ruang penyimpanan yang tersisa. Harus ada space yang kita berikan sekitar 15% - 20%, agar performanya tetap terjaga. Jika memori penyimpanan smartphone sudah penuh sebaiknya pindahkan segera data ke PC atau memori penyimpanan lainnya.

9. Jaga Port atau Lubang USB Smartphone

Jaga Port atau Lubang USB Smartphone
Ilustrasi port USB yang rentan mengalamai kerusakan

Port USB merupakan bagian kecil tapi memiliki fungsi penting yaitu untuk  pengisian daya baterai dan pemindahan data. Jika post USB ini rusak maka akan berdampak pada komponen smartphone yang  lain seperti baterai dan body smartphone.

USB smartphone saya juga pernah rusak karena tanpa sengaja saya duduki ditempat tidur, jadi jangan sampai post USB smartphone rusak seperti saya karena masalah yang sepele.

10. Posisikan atau Simpan Smartphone Ditempat yang Aman

Posisikan atau Simpan Smartphone Ditempat yang Aman
Menyimpan smartphone dimeja atau ditempat yang aman bisa menjauhkan smartphone dari risiko kejatuhan atau risiko lain yang menyebabkan kerusakan.

Banyak orang yang tidak peduli dalam menyimpan smartphone. Ada yang disaku, dimeja, lemari, ditempat tidur, dan tempat-tempat yang berisiko menyebabkan kerusakan smartphone. Sebenarnya boleh-boleh saja menyimpan smartphone ditempat tersebut, asalkan bisa menjamin dan menjaga smartphone.

11. Menjaga Keamanan atau Security dari Smartphone

Menjaga Keamanan atau Security dari Smartphone
Keamanan smartphone memang penting namun seringkali ini dilupakan oleh orang-orang.

Sering kali orang tidak peduli dengan keamanan smartphonenya sehingga tanpa pikir panjang langsung menginstal aplikasi yang tidak dibutuhkan. Ada muncul iklan langsung klik OK atau YES sehingga aplikasi yang tidak aman ikut terinstall di smartphone.

Hal ini saya temukan pada smartphone teman (perempuan) saya sendiri. Di dalam smartphonenya terdapat banyak sekali aplikasi aneh yang terpasang dismartphonenya.

Diawal-awal semuanya berjalan baik-baik saja, namun lama kelamaan baru muncul masalah. Smartphonenya error, datanya banyak yang hilang, sistem operasinya terganggu dan banyak lagi masalah lainnya. Sampai pada suatu waktu dia harus membeli smarphone yang baru karena smartphonenya sudah benar-benar rusak parah.

Kesimpulannya


Jadi awet tidaknya smartphone kembali lagi kepada kepedulian kita dalam menjaga smartphone. Meskipun smartphonenya canggih dan mahal, tapi kalau tidak dijaga dengan baik maka juga bisa menyebabkan kerusakan pada smartphone. Kita sendiri memiliki smartphone, kita pula yang mengerti bagaimana cara menjaga smartphone kita masing-masing. Semoga bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment