Bagaimana Cara Memperbaiki (Mengatasi) Memori Micro SD Card yang Rusak?

Bagaimana Cara Memperbaiki (Mengatasi) Memori Micro SD Card yang Rusak – Memori micro SD card merupakan memori penyimpanan yang bentuknya kecil, sesuai dengan namanya “micro” yang berarti kecil. Memori micro SD merupakan memori penyimpanan yang cukup popular digunakan untuk berbagi perangkat seperti smartphone, kamera, perekam video dan perangkat lainnya.

Bagaimana Cara Memperbaiki (Mengatasi) Memori Micro SD Card yang RusakBagaimana Cara Memperbaiki (Mengatasi) Memori Micro SD Card yang Rusak
Memori micro SD yang terpasang pada perangkat Card Reader - Image: Pixabay

Micro SD sendiri saat ini sudah memiliki banyak varian, ada yang kapasitasnya berukuran besar ada pula yang kapasitasnya kecil. Dengan banyak pilihan seperti ini kita bisa bebas memilih kapasitas mana yang kita sukai dan kita butuhkan. Sekarang ini ada banyak merek micro SD yang dijual dipasaran diantaranya ada V-Gen, Toshiba, Kingstone, SanDisk, dan masih banyak lagi merek yang lainnya. Saya sendiri lebih memilih untuk menggunakan V-Gen karena ada garansi seumur hidup.

Cara Memperbaiki (Mengatasi) Memori Mikro SD Card yang Rusak

Memori micro SD merupakan memori yang ukurannya kecil, tapi meskipun kecil fungsinya banyak sekali. Berdasarkan pengalaman sendiri micro SD merupakan memori yang tergolong awet alias tidak gampang rusak.

Namun meskipun awet ada juga beberapa yang rusak yang disebabkan oleh banyak faktor. Tapi yang jelas penyebab kerusakan pada memori micro SD berasal dari human error (kesalahan manusia itu sendiri).

Untuk memperbaiki memori micro SD yang rusak sebenarnya lumayan sulit apalagi kalau kerusakan parah dan fatal. Beberapa kesalahan fatal yang bisa membuat memori micro SD rusak misalnya memori micro SD yang patah. Jika memori patah sudah pasti memorinya tidak bisa diperbaiki, langkah yang bisa dilakukan adalah membeli memori yang baru.

Untuk memori yang memiliki kerusakan ringan atau hanya sedikit error ada baberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:
  • Membersihkan lempeng atau tembaga yang berwarna kuning keemasan pada memori micro SD card. Ini dilakukan untuk membersihkan kotoran atau noda yang menempel pada lempeng kuning tersebut menggunakan penghapus pensil atau kain halus. Noda ini bisa mengganggu kinerja memori micro SD. Untuk kasus seperti ini biasanya terjadi pada memori micro SD yang sudah tua atau lama.
  • Membersihkan besi atau tembaga yang terdapat pada perangkat smartphone yang digunakan untuk memasang memori micro SD. Tidak semua memori micro SD yang error disebabkan oleh memori tapi juga bisa disebabkan oleh factor lain seperti card reader yang bermasalah, smartphone, atau kamera yang bermasalah.

Nah cara diatas bisa dilakukan untuk memori micro SD yang tidak mengalami masalah serius, namun jika cara tersebut sudah dilakukan tapi masih bermasalah berarti ada dua kemungkinan.

Kemungkinan yang pertama si memorinya memang sudah rusak dan yang kedua perangkatnya yang bermasalah. Tapi jika ingin cara yang lebih simple sebaiknya beli saja yang baru.

Cara Menghindari Kerusakan pada Memori

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan pada memori micro SD card. Jika ingin memori SD cardnya awet sebaiknya ikuti cara berikut ini, yaitu:
  • Hindari benturan keras pada memori micro SD card, karena benturan yang keras bisa mengubah komponen kecil yang terdapat pada memori. Jika ada komponen kecil yang berubah atau berpindah maka ini bisa menyebabkan kerusakan.
  • Jangan bongkar pasang memori micro SD card. Sebenarnya ini penyebab utama kerusakan pada memori micro SD card. Berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri, bongkar pasang memori micro SD bisa menyebabkan memori rusak.
  • Jauhkan dari magnet. Untuk yang satu ini tidak diketahui secara pasti, namun banyak referensi yang mengatakan bahwa memori yang rusak jadi penyebab memori rusak. Nah untuk alasannya nanti saya sampaikan diartikel selanjutnya.
  • Jangan tercelup kedalam cairan. Meskipun banyak yang mengatakan jika memori yang tercelup kedalam air tidak menyebabkan kerusakan, namun tetap saja ini harus dihindari. Apalagi jenis cairan lain seperti minyak tanah, bensin, cuka, raksa ini bisa menyebabkan kerusakan pada memori.

Dan cara lainnya yang sekira dibutuhkan agar memori tetap awet.

Kesimpulannya


Jadi berdasarkan pemaparan diatas tidak semua memori yang rusak itu bisa diperbaiki, terutama untuk kerusakan yang sudah parah. Cara terbaik yang bisa kita lakukan agar memori SD card awet adalah menjaganya dan menghindari penyebab kerusakan pada memori micro SD card. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment