Bagaimana Cara Memperbaiki Harddisk Laptop atau PC yang Rusak?

Bagaimana Cara Memperbaiki Harddisk Laptop atau PC yang Rusak – Harddisk merupakan memori penyimpanan yang digunakan untuk penyimpanan data di laptop atau PC. Harddisk sendiri memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan penyimpanan lain. Salah satunya keunggulan harddisk memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dibandingkan dengan flashdisk, memori SD card, micro SD, CD, ataupun DVD.

Bagaimana Cara Memperbaiki Harddisk Laptop atau PC yang Rusak
Harddisk komputer PC yang sudah dibongkar, digambar tersebut terlihat lempengan logam yang menjadi tempat penyimpanan data komputer - Image: Pixabay

Dengan kapasitas penyimpanan yang besar ini tidak heran jika harddisk dipilih sebagai memori penyimpanan internal pada laptop dan computer PC. Meskipun sekarang ini harddisk dipilih sebagai tempat penyimpanan data internal pada laptop dan PC, sekarang ini juga tersedia harddisk eksternal yang bisa dipindah atau dibawa (portable) kesana kemari.

Cara Memperbaiki Harddisk Laptop atau PC yang Rusak

Perlu diketahui bahwa harddisk merupakan memori penyimpanan yang sensitive terhadap benturan dan getaran. Semakin kuat getaran atau benturan maka semakin besar potensi kerusakan pada harddisk. Hal ini dikarenakan harddisk merupakan memori penyimpanan yang didalamnya terdapat lempengan logam yang berputar, jika terjadi sedikit saya perubahan posisi maka harddisk bisa rusak.

Untuk mengatasi masalah harddisk yang rusak ini lumayan sulit karena kebanyak orang jika harddisk rusak adalah menggantinya dengan yang baru. Namun berdasarkan penuturan dari tukang service computer atau laptop (yang jujur) harddisk yang rusak bisa diperbaiki. Namun tidak ada jaminan jika ini bisa bertahan lama.

Jika dilihat dari bentuknya harddisk tersebut memang bisa diperbaiki caranya dengan membuka baut dan memperbaiki isi didalamnya. Namun saya sendiri belum pernah mencobanya. Jika kita belum yakin sebaiknya jangan mencoba membukanya pada harddisk yang masih bagus karena dikhawatirkan nantinya malah rusak.

Untuk lebih jelasnya sebaiknya datang ketempat service harddisk yang kompeten dan jujur. Namun perlu diketahui bahwa orang yang membuka service ini jarang dan lumayan sulit dicari. Kebanyak tukang service computer atau laptop malah menyarankan untuk membeli harddisk yang baru.

Cara Menghindari Kerusakan pada Harddisk Laptop dan PC

Untuk menghindari kerusakan pada harddisk sebaiknya hindari hal-hal yang menjadi penyebab harddisk rusak. Untuk lebih jelasnya ikuti pentunjuk berikut ini.
  • Hindari benturan dan getaran. Benturan dan getaran keras bisa menyebabkan perubahan posisi lempengan logam didalam harddisk. Jika lempengan ini posisinya berubah maka ini bisa mengganggu perputaran lempeng logam dalam harddisk. Jika lama kelamaan terjadi maka lempengan ini akan berdempetan, tidak bisa berputar pada akhirnya rusak dan tidak bisa digunakan lagi.
  • Jauhkan dari cairan, jangan sampai masuk kedalam air. Nah pengalaman teman saya sendiri karena menyimpan harddisk didalam saku, harddisknya masuk kedalam ember cucian dan terkena air. Akibat air harddisk satu TB (1000 GB) rusak dan tidak bisa digunakan lagi.
  • Hindari matinya aliran listrik secara mendadak. Untuk laptop atau PC yang mati mendadak ini bisa menyebab kerusakan pada harddisk karena ini merupakan kondisi dimana harddisk harus berhenti secara paksa padahal sedang bekerja.
  • Hindari posisi miring pada harddisk (laptop) yang sedang bekerja. Posisi miring ini menyebab harddisk berputar tidak sempurna, jika ini berlangsung terus menerus maka bisa menyebabkan kerusakan pada laptop. Posisi laptop yang baik untuk harddisk adalah berada pada posisi datar atau horizontal.
  • Jangan membawa atau memindahkan laptop dalam kondisi hidup. Ketika laptop hidup harddisk berada pada kondisi bekerja, jika kita memaksakannya maka dalam waktu yang lama bisa menyebabkan harddisk rusak. Pastikan laptop yang dibawa berada pada kondisi mati.

Jika ada tambahk tentang  cara agar harddisk laptop PC awet, silahkan ditambah sendiri.

Kesimpulannya

Harddisk laptop PC bisa diperbaiki, namun dibutuhkan keahlian khusus agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi. Jika masih ragu atau belum tau sebaiknya serahkan kepada orang yang lebih paham dan mengerti.

Penyebab kerusakan pada harddisk ini banyak sekali, jadi kita harus benar-benar menjaga laptop atau PC agar tidak terjadi kerusakan pada harddisk. Jika harddisk sudah terlanjur rusak maka biaya untuk membeli harddisk yang baru harganya mahal (uang yang dikeluarkan juga besar). Pengalama saya membeli harddisk 500 GB baru (lewat tukang service laptop) harganya 700 ribu.

No comments:

Post a Comment