4 Kerugian dan Dampak Jika Sering Mengaktifkan Fitur Aplikasi GPS di Smartphone

Ini Kerugian dan Dampak Jika Sering Mengaktifkan Fitur GPS di Smartphone  – Seperti yang kita ketahui bersama saat ini smartphone sudah banyak yang menanamkan fitur GPS pada smartphone yang mereka produksi. Sebagai contoh misalnya smartphone Samsung, Lenovo, Apple, HTC dan banyak lagi smartphone jenis lainnya sudah tersedia fitur GPS. Fitur GPS yang tersedia dalam smartphone biasanya berupa aplikasi GPS.

Apa itu GPS?

Berdasarkn informasi dari situs Wikipedia, GSP merupakan kepanjangan dari Global Positioning System yaitu suatu system yang dirancang untuk menentukan lokasi ketika berada disuatu tempat dipermukaan bumi yang menggunakan bantuan sinyal dari satelit.

Tujuan dari pemasangan GPS pada smartphone tak lain adalah untuk membantu serta mempermudah pengguna smartphone itu sendiri. Saat ini sudah banyak aplikasi yang mengembangan fitur GPS ini, namun aplikasi GPS yang paling terkenal adalah Google Maps.

4 Kerugian dan Dampak Jika Sering Mengaktifkan Fitur Aplikasi GPS di Smartphone
Aplikasi GPS Waze yang bisa digunakan untuk Android, iOS dan Windows Phone - Image: Igeeksblog.com

Apa saja Kerugian serta Dampaknya Ketika Terlalu Sering Mengaktifkan GPS di Smartphone

Pada dasarnya menggunakan GPS pada smartphone memang memberikan kemudahn serta keuntungan bagi pengguna smartphone itu sendiri, namum ternyata ada beberapa dampak dan kerugian yang bisa didapatkan ketika terlalu sering menggunakan GPS pada smartphone.

1. Bisa Membuat Paket Data Internet Cepat Habis

Sudah pasti bagi mereka yang mengaktifkan aplikasi GPS membuat paket data cepat habis, karena aplikasi GPS tidak seperti GPS yang digunakan untuk keperluan militer yang bebas tanpa pulsa. Untuk GPS pada smartphone kita membutuhkan paket internet, tanpa paket internet aplikasi GPS tidak akan ada gunanya.

Berdasarkan pengalaman, semakin sering pakai GPS bisa makin cepat habis paket internet, soalnya GPS selalu butuh koneksi internet untuk memberikan informasi secara real time lewat aplikasi GPS yang terpasang.

2. Bisa Menyebabkan Smartphone Cepat Panas

Yang menggunakan smartphone sudah pasti tau jika aplikasi yang terhubung dengan internet bisa membuat smartphone cepat panas. Sekarang ini banyak sekali yang aplikasi yang terhubung dengan internet seperti browser, game online, dan juga GPS.

Keseluruhan aplikasi yang terhubung dengan internet tersebut bisa mempengaruhi tinggi rendahnya suhu smartphone. GPS yang terhubung dengan internet juga bisa menjadi penyebab smartphone menjadi panas.

3. Memperlambat Kinerja Smartphone

Sekarang ada banyak sekali jenis smartphone yang beredar dipasaran, ada yang performanya bagus ada pula yang performanya kurang bagus, tergantung dengan spesifikasi yang ditawarkan produsen smartphone itu sendiri.

Terutama untuk smartphone dengan performa rendah, sudah pasti aplikasi GPS yang sedang dihidupkan membuat performa smartphone sedikit melambat, ini berdasarkan pengalaman pribadi. Namun untuk smartphone yang performanya bagus, aplikasi GPS tidak akan memperlambat kinerja smartphone.

4. Bisa Menyebabkan Daya Baterai Smartphone Cepat Habis

Koneksi internet yang terus menerus terhubung ke smartphone membuat smartphone harus bekerja keras untuk menjalankan smartphone. GPS merupakan salah satu aplikasi yang bisa menyebabkan daya baterai cepat habis, terutama untuk pemakaian yang terus menerus.

Sekadar saran sebaiknya gunakan GPS ketika dibutuhkan saja, jika tidak diperlukan sebaiknya matikan fitur aplikasi GPS pada smartphone.


Sebenarnya jika ditelaah lebih jauh lagi masih ada lagi beberapa kekurangan, kerugian serta dampak yang dialami jika terlalu sering mengaktifkan aplikasi GPS pada smartphone. Sekian informasi tentang dampak, serta kerugian karena terlalu sering  menggunakan aplikasi GPS pada smartphone.

No comments:

Post a Comment